Uang (masih) bukan segala-galanya(?)

Siapa bilang “uang bukan segala-galanya”? Faktanya sebagian besar peluang dikuasai oleh orang-orang yang berbekal uang lebih dari cukup. Tidak semua, memang. Tapi uang mampu menentukan hal-hal penting dalam hidup manusia, sebut saja pendidikan, kesehatan, dan hukum. Urusan perut sudah pasti dimudahkan jika kalian punya uang.

Saya tidak bermaksud skeptis. Saya masih percaya bahwa nurani, kasih sayang, kebahagiaan batin, belum tentu dimiliki dengan hanya punya uang. Saya hanya merasa kecewa melihat banyak kasus ketidakadilan gara-gara uang. Berapa banyak orang akhirnya harus kehilangan sanak saudaranya yang menderita penyakit karena tidak mampu membiayai operasi atau sekedar perawatan di Rumah Sakit? Berapa banyak orang tidak bersalah harus mendekam di balik jeruji karena mereka tidak sanggup “membayar” persidangan. Berapa anak yang menyerah dan putus sekolah karena biaya pendidikan yang semakin tinggi. Pendidikan gratis hanya sampai bangku Sekolah Menengah Pertama, kita semua tau apa yang dibutuhkan untuk menjadi “terpandang” di negeri ini, bahkan sekedar untuk mendapatkan pekerjaan yang layak; selembar ijazah dari Universitas. Tak peduli bagaimana cara kau mendapatkannya.

Menyedihkan kita dihadapkan kenyataan bahwa banyak permasalahan (di negeri ini) yang bisa diselesaikan oleh uang. Oke, ini bukan masalah uang, ini masalah sistem yang amburadul. Tapi siapa yang bisa mengurai sistem yang kadung menjadi benang kusut ini? Pada akhirnya orang-orang “berduit” ambil jalan pintas; anda bayar, urusan pun kelar.

Lalu, bagaimana caranya kita bisa berpikir “uang bukan segala-galanya”.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s