Pertemukan Aku dengan (Bukan) Lingkaran

Aku tidak suka lingkaran. Benar-benar tidak suka. Lingkaran selalu membawaku pada permainan yang sama.
Permainan yang tidak menyenangkan.
Permainan yang rumit dan tidak terpecahkan.

Dulu duniaku penuh lingkaran. Sejauh mata memandang selalu hanya lingkaran. Kecil, besar, tak ada bedanya.
Tapi aku menikmatinya meski sering dibuat pusing karena terus berputar pada lintasan yang sama.
Lingkaran tidak pernah membiarkan kita tahu darimana kita memulai dan dimana kita akan berakhir. Kita hanya berputar. Kemudian aku lelah sendiri. Lingkaran-lingkaran ini tidak pernah berhenti. Aku pergi. Berpaling, mencari bentuk lain.

Aku sempat berpikir ini tidak mungkin. Tapi hei! Sepertinya aku menemukannya. Ini bukan lingkaran. Aku tahu meski melihatnya dari jauh. Aku bergegas. Ingin melihatnya lebih jelas. Kureka-reka segala peluang. Senang bukan kepalang.
Kuyakinkan ini memang berbeda. Kuciptakan permainan di dalamnya. Permainan yang lebih sederhana.

Ini benar-benar menyenangkan. Sampai aku diperlihatkan sebuah pola. Pola yang sudah lama kukenali.
Pola yang pernah membuatku berputar tanpa henti.

Ah, bagaimana bisa aku tidak menyadarinya. Padahal aku pernah sangat mengenalnya.
Apakah ini kebetulan? Atau sebuah kutukan?
Adakah sebuah pilihan?
Pilihan untuk tidak bertemu lingkaran.

Leave a Reply

