Mimpi Apa Tadi Malam?

*sumber gambar http://adjust-the-sails.blogspot.com/2011/05/to-sleep-perchance-to-dream.html

Mimpi, bagi sebagian orang, mungkin hanya sekedar bunga tidur. Tapi bagi sebagian orang lain, mimpi adalah petunjuk. Tentunya itu melalui proses meminta kepada Sang Pemberi Petunjuk dan perlu keyakinan penuh untuk memaknai mimpi sebagai benar-benar petunjuk. Bagi saya, mimpi adalah penentu. Hari yang akan saya jalani seringkali dipengaruhi oleh mimpi di malam sebelumnya. Bisa jadi bahagia, sedih, semangat, bisa jadi juga merasa rindu seharian. Hanya karena mimpi. Dan mimpi semalam sungguh sangat mengganggu konsentrasi hari ini.

Tiba-tiba memimpikan seseorang yang sudah lama pergi, de facto dan de jure, itu rasanya aneh. Terutama jika selama kepergiannya itu hilang juga segala bentuk komunikasi yang pernah dikenal dalam sejarah manusia. Mungkin tidak aneh jika mimpi itu bukan tentang kebersamaan yang sudah lewat. Masa-masa yang sudah kadaluarsa. Dan seperti memakan makanan yang kadaluarsa, mengingat masa-masa kadaluarsa pun bisa menyebabkan sakit.

Mimpi saya tadi malam lebih dari kadaluarsa. Dan mengingatnya hanya membuat saya kembali ke masa-masa seharusnya bisa menuntut seseorang untuk bersikap adil. Mimpi itu hanya membuat saya ingin kembali pada tahun-tahun yang telah lalu dan mencegah segalanya terjadi. Dan membuat saya ingin kembali mengingatkan sebuah kata yang mungkin sudah dilupakan. Sebuah kata yang selama ini menguatkan saya untuk bertahan, yang selalu saya nantikan; “Pulang”.

 

“This is not what I intended , I always swore to you I’d never fall apart

You always thought that I was stronger, I may have failed

But I have loved you from the start…”

Secondhand Serenade – Fall For You

Leave a Reply

