#5BukuDalamHidupku: Buku Panduan Untuk Menjadi Perempuan

Suatu hari, seorang kawan menaruh dua buku tebal di meja kerja saya dengan pesan singkat bahwa saya pasti suka membacanya. Dia sengaja membawakan kedua buku tersebut untuk dipinjamkan kepada saya. Kalau dilihat dari judulnya, buku ini sepertinya “berat”, apalagi tebalnya yang hampir 500 halaman membuat kesan beratnya berlipat ganda. 

Kajian Budaya Feminis

Saya suka buku ini karena Aquarini atau biasa dipanggil Atwin menempatkan wacana feminis sebagai wacana kontekstual, bahwa: feminisme akan berbeda dalam keadaan yang berbeda. Feminisme adalah pilihan yang sangat subjektif sekalipun banyak teori yang mewakili kelompok tertentu. Latar belakang sejarah, budaya, dan banyak hal lainnya dapat mempengaruhi konteks ke-feminis-an seseorang. Buku ini mengajak saya untuk lebih melihat ke dalam diri, mengenali berbagai hal yang melekat di sana.

“Kamu jangan jadi feminis ya. Feminis itu ibarat orang yang masuk rumah orang lain, mengacak-acak isinya, lalu sadar kalau itu bukan rumahnya.”

Saya tidak pernah lupa kata-kata dari seorang kawan beberapa tahun silam. Dia begitu khawatir kalau saya menjadi feminis yang tersesat. Tentu saja saat itu saya tidak mengerti apa yang dia maksud. Mengapa dia khawatir saya menjadi feminis? Ada apa dengan feminis? Mengapa saya harus jadi feminis?

Pertanyaan-pertanyaan itu saya jawab sendiri beberapa tahun kemudian. Menjadi feminis, setidaknya bagi saya saat ini, adalah upaya untuk memaknai keberadaan saya di dunia. Menjadi feminis adalah upaya untuk sepenuhnya sadar dalam menjalankan peran sebagai subjek maupun objek. Menjadi feminis adalah upaya menciptakan kehidupan yang seimbang antara perempuan dan laki-laki dengan fleksibilitas perlintasan gender, membebaskan diri saya (sebagai perempuan) dan laki-laki dari konstruksi gender yang kaku. Being a feminist is not to be a man, it is to be a woman.

Buku ini mengajak saya untuk mengakui dan merasai bahwa saya perempuan. Sekalipun seluruh dunia tidak mau mengakuinya. 😀

Leave a Reply

