Epilog; Selamat Tinggal Masa Lalu

Selamat tinggal masa lalu!

Kalimat itu rasanya tepat untuk mengakhiri tahun 2013 ini. Tahun yang hebat, tahun terjadinya beberapa perubahan besar. Tinggal tersisa dua hari lagi untuk memasuki tahun yang baru, cerita baru, kisah baru. Mari sedikit kilas balik dan memungut pelajaran yang terdapat dalam setiap kejadian sepanjang tahun ini.

Berdasarkan perhitungan China, tahun 2013 adalah tahun Shio Ular Air. Sepertinya saya memang harus banyak berhati-hati tahun ini, mengingat saya tidak bisa bersahabat dengan ular. Tentu saja berbagai hal yang terjadi dalam hidup saya selama setahun belakangan tidak ada sangkut paut dengan ramalan tentang shio, saya tidak pernah terlalu memerhatikan, malah baru tahu kalau 2013 adalah tahun Ular Air. Pantas saja saya banyak bertemu ular tahun ini. 😀

Tapi tidak ada salahnya mengamini kalimat pembuka sebuah ramalan awal tahun 2013 yang baru saja saya baca di sini.

Tahun Shio Ular air adalah tahun yang tepat untuk berbenah diri, mengatur tenaga serta uang. Ingatlah pepatah yang satu ini ‘air tenang biasanya dalam’.

Faktanya, 2013 memang membutuhkan energi yang besar untuk beberapa kondisi. Tahun yang tenang, memang. Tapi justru gejolak hebat terjadi dalam diri saya sepanjang tahun ini. Berbenah diri, sudah pasti. Meski banyak hal yang masih seperti sedia kala, tapi beberapa hal lain sudah cukup merenah. Tahun ini menjadi tahun yang paling terasa saya jalani ketimbang tahun 2011 dan 2012 yang datar. Sejak awal tahun, saya memang menyiapkan diri untuk menjalani hari-hari dengan penuh kesadaran, merasai setiap hari dengan baik. Dan benar, saya “ada” di salam setiap langkah yang saya jalani.

Rasanya perubahan terbesar yang terjadi di tahun 2013 adalah saya menjadi lebih berani. Kesadaran. Mungkin itu yang membuat saya yang selama ini berjalan tertatih, limbung dalam bingung, menjadi berlari melesat tanpa terduga. Kesadaran juga yang membuat saya merasa lebih hidup dari sebelumnya. Kesadaran membuat saya lebih berani untuk melangkah dan meninggalkan.

Banyak hal yang tahun ini saya sadari untuk mengubahnya sehingga tidak menjadi beban yang membuat langkah saya berat. Awal tahun, saya bertekad bahwa tahun ini saya akan memberanikan diri menghadapi banyak hal yang selama ini saya hindari, yang saya sembunyikan di ruang tergelap dalam hati dan pikiran, yang terakumulasi menjadi penyakit berbahaya. Saya menghadapinya. Sulit memang, tapi saya berhasil.

Tahun yang luar biasa. Sampai hari ini saya masih terkagum-kagum pada diri sendiri dan tak habis berpikir “Wow, saya melakukannya!”. Saya melepaskan ketakutan yang menghantui bertahun-tahun. Saya menemuinya dan berkata “Saya sudah mengenalmu dan membawamu lebih dari setengah usia saya. Sekarang kamu cukup sampai di sini, karena saya sudah siap berjalan sendiri”. Lalu perlahan-lahan ketakutan itu pergi meninggalkan saya. Setelah itu, saya bisa menghadapi ketakutan-ketakutan yang lain.

Saya tentu harus berterima kasih pada banyak orang yang membantu saya menjalani hari demi hari yang telah berlalu. Tidak mungkin saya sebut satu per satu, terlalu banyak. Semua yang saya temui memberi saya pelajaran, meskipun melalui cara yang berbeda. Tapi semuanya membantu saya untuk melihat, merasakan, dan membedakan mana sahabat, mana teman, mana keluarga, dan mana yang tidak termasuk dalam ketiganya.

2013 adalah tahun kepulangan. Pulang ke rumah, pulang ke keluarga. Paling penting, pulang ke dalam diri. Setelah tahun-tahun sebelumnya mencari jejak orang lain, menerjemahkan mimpi orang lain, tahun ini saya berani untuk menakrifkan mimpi sendiri.

Dan inilah penghujung tahun yang mengagumkan. Banyak hal yang terwujud, atau (setidaknya) mulai diwujudkan, banyak juga yang harus kembali mengisi daftar pencapaian untuk tahun depan. Tak apa. Mari kita bersiap untuk memasuki tahun depan agar mampu mengejawantah mimpi.

Selamat tinggal 2013. Selamat datang 2014, tahun yang membutuhkan keputusan-keputusan besar. Saya siap! 😉

Leave a Reply

