#1Bulan1Museum; Tantangan Tahun 2014

1bulan 1 museum_small

Kamu pernah mengunjungi museum? Rasanya semua orang pasti pernah mengunjungi museum, minimal kunjungan wajib ketika masih Sekolah Dasar, tapi tak banyak orang yang menjadikan museum sebagai pilihan utama dalam mengisi liburan atau waktu luang. Tak bisa disalahkan, memang. Kenyataannya, beberapa museum yang pernah saya datangi, pengelolaannya kurang menarik.

Museum, setidaknya di Indonesia, identik dengan tempat yang sepi dan membosankan. Mengunjungi museum seringkali serupa cinta yang bertepuk sebelah tangan, sulit berbalas. Padahal, museum sebenarnya tempat yang menarik karena menyimpan sejuta misteri. Misteri-misteri itu akan berlompatan keluar menyapa pengunjung jika kita tahu bagaimana berkomunikasi dengan seluruh isi museum.

Ada lebih dari 200 museum di seluruh Indonesia, pasti seru deh kalau bisa mengunjungi semuanya. Tapi sungguh saya ini seorang pemalas, rencana tinggal rencana. Tahun lalu pun bermimpi mengunjungi banyak museum, harus pupus jua. Tahun ini tidak boleh gagal lagi. Saya harus menunaikan ibadah #1Bulan1Museum. Ini adalah janji. Ini adalah kompetisi dengan diri sendiri. Kamu juga bisa ikut tantangan ini.

Apa itu tantangan #1Bulan1Museum?

Ini adalah tantangan kepada diri sendiri untuk mengunjungi minimal satu museum dalam satu bulan, sehingga kamu bisa mengunjungi 12 museum sepanjang tahun 2014. Lebih banyak, lebih bagus.

Apa saja syarat dan ketentuan dalam tantangan ini?

  1. Kunjungi minimal satu museum setiap bulan selama setahun. Tidak boleh ada bulan yang kosong (tidak mengunjungi museum sama sekali). Kalau bolong, berarti gugur.
  2. Tidak boleh mengulang museum yang sama.
  3. Tuliskan hasil kunjunganmu di blog atau note facebook. Silakan berbagi tautan kepada saya melalui akun facebook Indri Guli atau mention akun @indriguli di twitter. Saya dengan senang hati akan membaca kisah-kisah kunjunganmu.
  4. Kunjungan museum dilakukan masing-masing sesuai minat dan jadwal yang memungkinkan. Silakan berbagi informasi (tandai akun facebook dan twitter saya) mengenai jadwal dan museum tujuan, siapa tahu ada yang mau kunjungan juga di waktu yang sama, jadi bisa pergi bareng.

Nah, saya rasa cukup begitu saja. Tidak usah terlalu rumit supaya tantangan ini tidak menjadi beban dan bisa dilakukan dengan perasaan senang. Selamat jalan-jalan ke museum. 🙂

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s