Obat Tidur; Cerita Tentang Manusia

Saya ingin bercerita tentang manusia. Mungkin tentang saya, kamu, dia, mereka, atau siapapun di seluruh dunia ini. Entah si manusia ini terlalu pintar karena diberi akal atau justru terlalu bodoh dalam menggunakan akalnya sehingga gemar sekali membuat hal yang sederhana menjadi lebih rumit. Saya tidak mengada-ada. Ini sudah melalui riset dan analisis yang tajam dan mendalam. Percayalah. 😀

Begini, pada mulanya kehidupan manusia begitu sederhana. Lalu kita menciptakan banyak hal sebagai tanda kemajuan peradaban. Benda-benda bermunculan demi memudahkan berbagai urusan yang nyatanya justru merepotkan, lalu benda menjadi dewa, lalu menjadi tuhan. Lalu tuhan beranak-pinak. Dan kita tidak beranjak dari bocah yang kehilangan permen di tangannya.

Sungguh aneh manusia-manusia ini. Selalu merasa tidak puas atas apa yang ada di hadapannya. Kepalanya adalah rimba paling menakutkan yang mereka sendiri kerap tersesat di sana. Jiwa-jiwa kering yang terus berjalan tanpa arah sibuk mencari perhatian, mencari pengakuan. Eksistensi yang menjelma mimpi buruk dalam tidur para tetangga.

Kehidupan akan berakhir, sementara kita belum pernah melihatnya. Kita terlalu sibuk memecahkan misteri yang kita buat sendiri. Manusia yang sungguh pintar. Berbagai teori dilahap habis sampai kepalanya membesar, dadanya membesar. Tapi tak cukup besar menghadapi ragunya sendiri yang paling sembunyi.

Begitulah. Mata kita yang kecil ini hanya mampu melihat yang paling dekat. Telinga kita hanya mampu mendengar suara paling dekat. Kepala kita hanya mampu memahami masalah paling dekat. Jangan terlalu jauh mencari karena mungkin jawabannya ada dalam jarak paling dekat. Bahkan mungkin dalam diri kita sendiri.

Tuh! Sudah ada yang mencintai kita sepenuh hati, kita malah memilih mencintai orang lain yang tidak mencintai kita dan menjadikan segalanya jauh lebih rumit. Hahaha. *bukan curhat*

Advertisements

10 thoughts on “Obat Tidur; Cerita Tentang Manusia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s