Need Help Urgently

Saya sedang dalam kondisi yang tidak baik untuk melakukan segala macam hal yang harus saya lakukan saat ini. Iya, segalanya. Pekerjaan, komunitas, berdagang, berkarya. Jenuh? Mungkin. Tapi rasanya ini lebih parah dari sekadar jenuh yang memang sering saya alami dalam fase-fase tertentu. Jenuh hanya semacam siklus yang (sebagai orang pisces yang mudah bosan) pasti akan selalu saya alami secara berkala. Betapapun menarik kondisinya, kejenuhan akan tetap datang. Tapi ini lebih dari jenuh. Lebih parah. Lebih berbahaya.

Beberapa bulan terakhir ini saya merasakan segala daya saya menurun; daya berpikir, daya bekerja, daya menulis, daya menangani persoalan. Semua. Saya seperti orang yang sedang digerogoti penyakit ganas sampai tubuhnya tak mampu lagi bergerak. Saya tidak mengerti mengapa demikian, tapi yang jelas ini kondisi terburuk sepanjang usia yang saya ingat. Beberapa pekerjaan tidak selesai, saya beberapa kali melampaui deadline, dan beberapa yang lain bahkan tidak saya sentuh sama sekali.

Saya merasa seperti pelari yang tiba-tiba kakinya lumpuh. Beberapa pekerjaan yang saya sanggupi beberapa bulan lalu, kini menyerang saya bertubi-tubi. Saya semakin tersudut dengan tubuh dan otak yang semakin menyusut. Saya tidak sanggup melakukan apa-apa lagi. Tidak satu pun. Satu-satunya yang saya inginkan saat ini adalah pergi. Pergi dari banyak hal. Tapi saya tidak bisa. Tidak boleh. Ini seperti film-film pembunuhan. Kamu harus membunuh musuhmu atau kamu yang akan terbunuh. Selama dua hal itu belum terjadi, kamu akan hidup dalam ketakutan, tidak nyaman, dan kelelahan.

Dan inilah saya sekarang. Kepayahan menuntaskan berbagai kewajiban yang masih harus saya lakukan. Tentu saja, secara profesional, hal itu menyebabkan saya ditanya, ditegur, dipersoalkan, bahkan (mungkin) dipergunjingkan. Saya sadar bahwa kondisi saat ini mungkin akan membuat nama baik saya rusak dan beberapa orang kecewa, bahkan tidak lagi percaya pada saya, yang tentu akan menyebar juga pada orang-orang yang lain. Kondisi saat ini mungkin akan menutup langkah saya untuk melakukan beberapa hal di kemudian hari. Bahkan untuk itu pun saya pasrah dan tidak bisa melakukan apa-apa.

Sungguh kondisi ini membuat badan saya jauh lebih letih yang kemudian membuat saya sakit secara fisik dua minggu belakangan ini. Saya tidak bisa menjelaskannya dengan mudah, kecuali pada orang yang benar-benar memahami saya. Sehingga ketika seseorang bertanya apakah ada yang sedang mengganggu hati dan pikiran saya yang menyebabkan konsentrasi saya terganggu, saya tidak bisa menjawabnya, terlebih menggunakan penjelasan ilmu pasti. Mungkin juga kamu tidak perlu bertanya, hanya cukup ada. Mungkin itu membantu. Mungkin. 🙂

One thought on “Need Help Urgently

Leave a Reply

