Tahukah Kamu?

Tahukah kamu?

Kehidupan bukanlah persoalan matematika yang bisa dipecahkan dengan rumus-rumus pasti. Kamu tidak bisa mengurai kehidupan ini menggunakan c2 = a2 + b2. Seringkali dalam kehidupan, kamu bahkan tidak perlu mencari tahu tentang c. Biarkan saja menjadi penanda yang tak perlu dihitung, seberapapun petunjuk a dan b sangat jelas. Hidup tak perlu dihitung, percayalah.

Kehidupan adalah persoalan interaksi manusia dengan manusia, manusia dengan bukan manusia (alam, benda, dll). Bisakah kamu menghitung interaksi tersebut menggunakan persamaan linier x + y – 2z = 1, mencari tahu seberapa besar interaksi x terhadap y dan z sehingga menghasilkan angka 1? Atau kamu mau menyusun komponen-komponen tersebut menjadi kolom dan baris matriks, sehingga bisa kamu ketahui seberapa besar interaksi yang tercipta di antara komponen tersebut? Pertanyaan berikutnya: untuk apa?

Tahukah kamu?

Kehidupan adalah soal aksi dan reaksi. Kamu tidak membutuhkan rumus rataan hitung atau simpangan ragam untuk memahaminya. Bisakah kamu menghitung reaksi y jika x dalam frekuensi tertentu mencapai angka 0 sampai tak terhingga? Bilangan apa yang akan kamu gunakan dalam rumus statistika tersebut?

Ketahuilah, kehidupan tak pernah serumit memasukkan angka-angka ke dalam rumus yang tepat untuk mengasilkan bilangan tertentu, meskipun sering pula tak semudah pertambahan 1 + 1. Kehidupan lebih sering tak terduga. Tidak ada rumus apapun untuk mengurainya, tidak ada teori apapun yang mampu menjelaskannya. Kamu hanya perlu ada di sana; merasakan keberadaan dirimu dan berbagai komponen lain, berinteraksi dengan sederhana, saling menjaga.

Tahukah kamu?

Tidak ada rumus untuk menghitung cinta dan rasa sakit.

Advertisements

2 thoughts on “Tahukah Kamu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s