Sekali Lagi, Maaf

Maaf. Akhir-akhir ini saya sering merenungkan kata tersebut. Meskipun terlihat sederhana, kenyataannya banyak orang yang berat hati untuk meminta maupun memberi maaf. Bahkan hanya sekadar mengucapkannya sambil lalu pun, seringkali kita enggan untuk melakukannya. Padahal “maaf” merupakan kata yang penting dalam kehidupan ini, termasuk meminta maaf dan memaafkan diri sendiri.

Seseorang pernah berkata pada saya “untuk apa meminta maaf kalau terus melakukan kesalahan yang sama?”. Saya paham maksud perkataannya bahwa pada akhirnya kita akan menyepelekan kata “maaf” jika dengan mudah diucapkan begitu saja.  Tetapi saya tetap tidak sepakat dengannya. Bagi saya, meminta maaf setiap melakukan kesalahan seperti halnya mencuci tangan. Kita mencuci tangan setiap kali tangan kita kotor kan? Supaya kita bisa makan dengan tangan yang bersih, beraktivitas lain dengan tangan yang bersih. Kalau kotor lagi? Ya dicuci lagi. Begitu terus. Salahkah berpikir demikian?

Persoalan seseorang melakukan kesalahan yang sama berulang-ulang, biarlah itu menjadi urusan dia dengan dirinya sendiri; seberapa dalam penyesalannya, seberapa kuat niatnya untuk berubah, seberapa jauh usahanya untuk memperbaiki. Bukan berarti seseorang bebas melakukan kesalahan berulang kali. Tapi setidaknya kata “maaf” menunjukkan bahwa orang tersebut menyadari dirinya telah melakukan kesalahan. Kalau tidak mau meminta maaf karena takut akan mengulangi kesalahan yang sama, rasanya itu hanya omong kosong alasan saja.

Percaya atau tidak, kata “maaf” yang tulus mampu meluluhkan hati yang marah. Nah, kalau seseorang sudah meminta maaf, tentu kita harus dengan tulus juga memaafkan. Seperti kata PADI, “memaafkan itu tak seberat memindah samudera”. Jadi, sekali lagi, maaf. 🙂

image

Advertisements

3 thoughts on “Sekali Lagi, Maaf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s