Hello, Fox

“Who are you?”
“I am a fox.”
“Come and play with me, I am so unhappy.”
“I cannot play with you. I am not tamed.”

Sebuah dialog antara Rubah dan Pangeran Kecil dalam buku The Little Prince (Le Petit Prince, karya Antoine de Saint-Exupery). Dialog yang menarik tentang bagaimana Rubah mengusulkan sebuah metode untuk menjalin pertemanan di antara mereka. Pangeran Kecil hanya perlu menjinakkan Rubah.

Tapi, bagaimana caranya? Kata Rubah, Pangeran Kecil hanya perlu duduk dengan jarak tertentu dan Rubah hanya akan meliriknya dari ujung mata. Tapi hal itu harus dilakukan setiap hari dengan jarak duduk semakin dekat setiap harinya sampai Rubah merasa terbiasa dan nyaman dengan kehadiran Pangeran Kecil. Tidak perlu bicara, hanya duduk saja. Kamu hanya perlu bersabar. “Words are the source of misunderstandings,” begitu kata Rubah.

Dan begitulah, mereka semakin dekat dengan cara yang sederhana.

Saya jatuh cinta pada cerita itu. Pada Rubah yang mengingatkan Pangeran Kecil untuk selalu peka dan bertanggungjawab. “It is only with the heart that one can see rightly; what is essential is invisible to the eye.”

Selain Rubah yang itu, saya juga ehheeemmm jatuh cinta pada Rubah yang lain. Rubah yang belum pernah saya temui secara nyata. Saya hanya menjumpai ia selama bertahun-tahun lewat tulisan maupun karya fotonya. Jangankan menjinakkan, untuk bertemu saja sepertinya saya tidak berjodoh dengannya meskipun kami dalam acara yang sama. Sungguh aneh.

Tapi kalau boleh jujur, sebetulnya saya memang tidak punya kepercayaan diri sedikitpun untuk bertemu dengannya. Saya tidak memiliki keberanian. Bahkan untuk menulis ini pun, saya harus mengerahkan seluruh nyali. Hahaha. Ia seperti superstar, sedangkan aku mah apa atuh :p. Jadi saya duduk saja di sini dan bersabar seperti Pangeran Kecil. Besok saya akan datang lagi dan duduk lebih dekat. Kalau berani itu juga. 😀

“To me, you are still nothing more than a little boy who is just like a hundred thousand other little boys. And I have no need of you. And you, on your part, have no need of me. To you, I am nothing more than a fox like a hundred thousand other foxes. But if you tame me, then we shall need each other. To me, you will be unique in all the world. To you, I shall be uniqe in all the world…”

***
Tulisan ini dalam rangka #30haribercerita dengan tema #30hbccrush

Leave a Reply

