Belajar dari Inggit Garnasih

“Jika ia berani mengatakan “Tidak’ pada kolonialisme, mengapa aku mesti tidak berani mengatakan hal yang sama ketika Kusno ingin menjadikan aku perempuan sebagai sebuah koloni lelaki?”

Itu adalah kutipan kalimat Ibu Inggit Garnasih dalam pementasan monolog Inggit yang dibawakan oleh @happysalma tahun 2011. Saya terkesan dengan pementasan itu. Saya terkesan dengan Teteh Happy yang membawakannya dengan sangat baik. Terlebih lagi, saya terkesan dengan Ibu Inggit.

image

Inggit, perempuan yang 20 tahun menjadi istri dan setia mendampingi Kusno alias Soekarno, berani mempertahankan harga dirinya sebagai perempuan ketika hendak dimadu. Meskipun Soekarno menyatakan akan menempatkan Inggit sebagai istri yang pertama dan utama, Inggit tetap berkata TIDAK.

Sungguh keputusan yang membutuhkan keberanian luar biasa dan jiwa yang lapang. Bagaimanapun, selama 20 tahun Inggit sudah berjuang mengantarkan Soekarno ke pintu gerbang kepemimpinan tertinggi Republik Indonesia. Inggit yang lebih tua 13 tahun itu dengan sabar melayani Soekarno, mendampingi, memberi semangat, mendukung Soekarno  sejak masih kuliah hingga 2 tahun sebelum jadi presiden.
Inggit tidak pernah menyerah meskipun ia yang harus mencari nafkah. Ia juga tetap tabah ketika Soekarno dipenjara. Ia selalu ingin Soekarno menjadi lebih baik, lebih, pintar, lebih hebat. Tapi setelah pengorbanannya selama 20 tahun, Soekarno meminta izin untuk poligami dengan Ibu Fatmawati yang jauh lebih muda. Dengan tegas Ibu Inggit berkata: TIDAK.

Hebat ya? Itu Soekarno lho, tokoh nasional yang ganteng, pinter dan berkharisma banget. Beliau ditolak waktu minta poligami, apalagi kamu yang cuma bubuk ranginang atuh. :)))))

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s