Memetakan Masalah melalui Causal Loop Diagram

Beberapa hari ini saya migrain yang menyebabkan susah tidur, yang akhirnya menyebabkan migrain lagi keesokan harinya. Begitu terus saling menyebabkan dan akhirnya menimbulkan kekacauan yang kalau dipetakan ternyata jadi berbahaya.

Saya mencoba merenungkan kenapa akhir-akhir ini saya merasa kacau dan tidak produktif. Aha! Saya teringat pernah mengikuti pelatihan dan membuat CLD (Causal Loop Diagram) untuk Forum Hijau Bandung beberapa tahun lalu. Tools ini sangat berguna untuk mencari akar masalah dan menentukan titik intervensi paling tepat.

CLD sederhana.

Saya memulai CLD ini dari kekacauan yang puncaknya terjadi kemarin, menguraikan satu per satu. Lalu menemukan pola yang berulang antara tidak bisa tidur-gelisah-migren. Akhirnya saya sadari sepertinya semua berawal dari masalah bolos renang hampir dua bulan ini. Sejak urusan renovasi, pindah rumah, dan perintilan lain soal rumah, saya tidak pernah berenang. Selain persoalan waktu dan mood, alokasi dana untuk renang pun tidak menghilang dari budget karena semua terpusat untuk urusan rumah. 

Inilah dia awal kekacauan. Karena tidak berolah raga, tubuh saya jadi kurang fit dan tidak bisa tidur lebih awal yang kemudian memberikan berbagai efek lainnya. Akhirnya saya putuskan untuk mengintervensi titik ini untuk memperbaiki situasi-situasi lainnya. Jadi saya harus berusaha menyelesaikan persoalan di titik ini, karena jika tidak, pola yang sama akan terus berulang.

Kenapa tidak olah raga yang lain yang tidak memerlukan dana? Hmmm. Sejujurnya saya tidak suka olah raga. Renang satu-satunya olah raga yang menyenangkan bagi saya dan seringkali jadi ajang me time. Renang juga paling tepat untuk mengatasi sakit pinggang yang saya derita.

Memang benar kata pepatah: men sana in corpore sano. Kita harus menjaga kesehatan supaya jiwa kuat, hati juga kuat. Anyway, kalau serius dan prosesnya benar, CLD ini bisa panjang, detail, dan rumit. Saya memetakan secara sederhana saja karena pusing. Hahaha.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s